10 Contoh Adaptasi Morfologi Pada Hewan

Sekarang blog Pak Diki akan memberikan 10 contoh hewan yang mengalami adaptasi morfologi. Namun sebelumnya simak dulu pengertian dari adaptasi morfologi.

Adaptasi morfologi adalah penyesuaian bentuk tubuh dan struktur tubuh luar makhluk hidup atau alat-alat tubuh makhluk hidup terhadap lingkungannya. Adaptasi ini dilakukan untuk menyesuaikan bentuk tubuhnya dengan kondisi tempat tinggalnya guna mempertahankan hidupnya.

Berikut ini adalah contoh adaptasi morfologi yang terjadi pada 10 macam hewan.
1. Burung Elang. 
Ciri-ciri paruh burung pemakan daging seperti elang yaitu paruhnya pendek, tajam, kuat, besar, setengah melingkar, tidak bergigi, dan runcing .

2. Burung Pelikan.

Paruh burung pelikan panjang dan berkantong besar pada bagian bawah untuk menyimpan ikan. Selain untuk menyimpan ikan, kantong yang  dimiliki burung pelikan ini juga digunakan untuk menggendong anaknya.

3. Burung Pipit
Burung pipit adalah burung pemakan biji-bijian. Ciri-ciri paruh burung pemakan biji-bijian adalah paruhnya pendek, tebal, runcing, dan tajam. Paruhnya berfungsi untuk memecah biji-bijian seperti padi.

4. Bebek.
Paruh bebek pada pangkalnya terdapat bentuk seperti sisir, berguna untuk menyaring makanan dari air dan lumpur.

5. Burung Pelatuk.
Paruh burung pelatuk, runcing agak panjang untuk memahat kayu pohon untuk menangkap dan memakan serangga di dalamnya.

6. Angsa.
Kaki angsa berselaput diantara ruas jarinya untuk berenang dan berjalan di atas tanah berlumpur.

7. Ayam.
Kaki ayam sangat baik digunakan untuk mengais makanan di tanah.

8. Burung Kutilang.
Kaki burung kutilang mempunyai jari kaki panjang dan semua jari kaki terletak dalam satu bidang datar sesuai fungsinya untuk hinggap atau bertengger di ranting pohon.

9. Beruang Kutub.
Adaptasi ketebalan bulu Beruang Kutub juga merupakan contoh adaptasi morfologi. Ketebalan bulu Beruang Kutub tersebut berfungsi sebagai perlindungan dari suhu lingkungan yang terlampau rendah.

10. Lebah.
Lebah mempunyai lidah yang panjang dan berguna untuk menjilat makanan berupa nektar bunga.

Demikianlah 10 contoh adaptasi morfologi yang terjadi pada hewan, semoga bermanfaat.